Bingung Pilih Kartu MicroSD Terbaik? Ini Tipsnya

Hasil gambar untuk kelas microSDPonsel pintar dan tablet biasanya hadir dengan tempat penyimpanan internal yang terbatas. Untuk menyiasatinya, salah satu cara paling sederhana ialah dengan menggunakan kartu MicroSD.

Saat ini, ada banyak pilihan kartu MicroSD yang tersedia di pasaran. Harga dan kapasitas penyimpanan memang biasanya menjadi dua hal yang seringkai diperhatikan sebelum pengguna ponsel pintar atau tablet membeli kartu MicroSD.

Untuk mendapatkan kartu MicroSD terbaik sebenarnya ada pertimbangan lain yang bisa diperhatikan selain masalah harga dan kapasitas penyimpanan. Digital Trends mengungkapkan setidaknya ada spesifikasi yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan kualitas kartu MicroSD terbaik.

SDHC dan SDXC

SDHC merupakan kepanjangan dari Secure Digital High Capacity sedangkan SDXC merupakan kepanjangan dari Secure Digital Extended Capacity. Perbedaan paling mendasar dari keduanya ialah cakupan data yang bisa disimpan. Cakupan kapasitas penyimpanan dari kartu MicroSD SDHC berkisar dari 2 GB hingga 32 GB. Sedangkan kapasitas penyimpanan dari kartu MicroSD SDXC berkisar antara 32 GB hingga 256 GB.

Kelas dan Peringkat UHS

Peringkat kelas dari kartu MicroSD ditentukan berdasarkan kecepatan pemindahan data minimal. UHS sendiri ialah Ultra High Speed. Setidaknya ada tujuh macam kelas dari kartu MicroSD berdasarkan kecepatan pemindahan data minimalnya.

Kelas 2 memiliki kecepatan minimal 2 MB/s, kelas 4 memiliki kecepatan minimal 4 MB/s dan kelas 5 memiliki kecepatan minimal 6 MB/s. Kelas 8 dan kelas 10 memilii kecepatan minimal masing-masing 8 MB/s dan 10 MB/s. Sedangkan kelas UHS 1 memiliki kecepatan minimal 10 MB/s dan kelas UHS 3 memiliki kecepatan minimal 30 MB/s.

Sebagian besar kartu MicroSD umumnya bekerja lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan minimal mereka. Kartu MicroSD kelas 10 misalnya, dapat bekerja dengan kecepatan 95 MB/s dan kartu UHS bisa bekerja hingga kecepatan 312 MB/s.

Kelas Kinerja Aplikasi

Asosiasi SD juga baru-baru ini mengungkapkan standar baru bernama Kelas Kinerja Aplikasi. Klasifikasi kelas ini dirancang untuk menyoroti kartu-kartu MicroSD yang cocok untuk digunakan pada ponsel pintar dan tablet. Peringkat A1 menunjukkan bahwa kartu tersebut mampu melakukan pembacaan acak input-output access per second (IOPS) 1.500 dan penulisan IOPS 500.

Kemampuan tersebut dinilai ideal dalam membuka aplikasi dengan cepat serta pengolahan tugas-tugas. Kartu-kartu MicroSD A1 yang baru ini patut menjadi pilihan bagi pengguna ponsel pintar dan tablet yang ingin mem-format kartu MicroSD mereka sebagai ruang penyimpanan internal pada Android, atau yang disebut Google sebagai Adoptable Storage.

Cara Memilih MicroSD

Untuk mendapatkan kartu MicroSD terbaik, tentu harus memiliki spesifikasi kecepatan tertinggi, kapasitas terbesar dengan harga terendah. Reputasi merek dan garansi yang ditawarkan dari tiap-tiap Kartu MicroSD juga perlu menjadi pertimbangan.

Tempat membeli kartu MicroSD juga perlu menjadi perhatian. Jika ingin membeli secara online, konsumen perlu melihat ulasan-ulasan dari konsumen lainnya terlebih dahulu. Saat melakukan pembelian secara online, konsumen juga perlu mewaspadai kartu MicroSD palsu karena karena kartu-kartu palsu ini cukup marak beredar.

Empat Rekomendasi Digital Trends

Dari sekian banyak kartu MicroSD, Digital Trends merekomendasikan empat kartu MicroSD terbaik yang bisa menjadi pilihan para pengguna ponsel pintar dan tablet. Salah satunya ialah SanDisk Extreme 32GB. Kartu ini memiliki kecepatan membaca hingga 90 MB/s dan kecepatan menulis hingga 60 MB/s. Kartu ini tak memiliki masalah dengan video 1080p bahkan 4K. Selain itu, kartu ini juga termasuk awet dengan garansi seumur hidup.  Sejauh ini, ulasan konsumen terkait penggunaan SanDisk Extreme 32GB juga sangat baik.

Samsung Evo+ 64GB juga menjadi salah satu rekomendasi dari Digital Trends. Kartu SDXC ini mendapat peringkat Kelas 10 atau UHS-1 dan memiliki kecepatan pemindahan data hingga 80 MB/s. Sebagai kartu tahan lama, Samsung Evo+ 64GB juga mendapatkan ulasan yang positif dari para konsumen. Selain cepat dan efisien untuk penggunaan pada ponsel dan tablet, kartu ini juga tidak memiliki masalah dalam merekam video 1080p. Kapasitas-kapasitas ini juga dilengkapi dengan harga yang bersaing.

Lexar Professional 128GB cocok menjadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan kartu MicroSD yang cepat dengan kapasitas besar. Kartu SDXC ini memiliki peringkat UHS-2 dengan kecepatan membaca hingga 150 MB/s. Meski kecepatan membaca sedikit rendah, yaitu 45 MB/s, kartu ini dapat digunakan untuk merekam video 4K tanpa masalah. Selain itu, konsumen juga memberikan ulasan positif karena Lexar Professional 128GB hadir dengan USB card reader yang penggunaannya lebih mudah.

Rekomendasi keempat dari Digital Trends ialah SanDisk Ultra 200GB. Konsumen mungkin mengantisipasi kartu MicroSD kelas A1 terbaru dari SanDisk, yaitu kartu berkapasitas 256 GB. Hanya saja kartu tersebut dibanderol dengan harga cukup mahal yaitu 200 dolar Amerika atau sekitar Rp 2,6 juta. Oleh karena itu, Digital Trends lebih merekomendasikan SanDisk Ultra 200GB.

SanDisk Ultra 200GB sudah cukup lama diluncurkan sehingga harga jualnya pun sudah menurun secara signifikan. Kartu kelas 10 ini memiliki spesifikasi yang menggiurkan, seperti kapasitas penyimpanan 200 GB dan kemampuan merekam video 1080p yang cukup cepat. Kemampuan membaca kartu ini mencapai 90 MB/s. Hanya saja kemampuan menulis kartu ini cukup lambat sehingga tidak sesuai untuk merekam video 4K. SanDisk Ultra 200GB juga hadir dengan SD adapter.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *